Ebook MEMBANGUN BANGSA MENOLAK MILITERISME

MEMBANGUN BANGSA MENOLAK MILITERISME

Membangun Bangsa (Nation) adalah kata kunci dari semangat awal bagian-bagian masyarakat kita menyatukan diri serta memberikan identitas atas dirinya sebagai Indonesia. Dalam perjalanan sejarahnya, identitas itu tidaklah dinaungi oleh nilai-nilai yang sama. Akan tetapi dari waktu ke waktu, saling pengaruh antar bagian dalam bangsa ini ataupun kehidupan global, talah turut menentukan dan membangun watak, nilai serta interprestasi baru atas kebutuhan bangsa.

Kalaupun hari ini kita masih banyak melihat belum secara jelas dirumuskan nilai-nilai pengikat dan menemukan karakter sebagai sebuah Nation, ini tidak terhindar bahwa rumusan itu sendiri masih akan ditentukan oleh perjalanan sejarah yang sedang kita buat hari ini, serta berbagai nilai yang berkembang adalah jalan panjang masa lalu yang diterima secara dipaksakan oleh sebuah kekuatan rezim kekuasaan.

Maka nilai-nilai kebangsaan awal, sebagai semangat dasar merumuskan diri menjadi sebuah bangsa, telah mengalami pendangkalan akibat prilaku dan nilai-nilai kekuasaan itu. Tentu kita kemudian akan berbisaca bagaimana perilaku itu dicerminkan oleh sebuah rezim kekuasaan Orde Baru yang telah memaksakan secara sistematis apa yang kemudian disebut militerisme.

KASUM
Komite Aksi Solidaritas untuk Munir
Committee of Action in Solidarity for Munir
File Deskripsi:
Type: *.PDF
Size: __

Popular posts from this blog

Download Lengkap Koleksi Ebook Novel Barat

Download Lengkap Koleksi Ebook Novel Indonesia

Download Lengkap Koleksi Ebook Novel Timur Tengah dan Asia